IT Forum

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft Office. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.

Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer untuk mempresentasikan hasil penelitian maupun hasil kerja mereka.

Microsoft Powerpoint juga menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam memasukkan gambar ataupun video dalam bahan presentasinya. Sehingga membuat tampilan presentasi jadi semakin menarik dan tampak hidup. Di sisi lain, Microsoft Power point juga menawarkan menu untuk mengubah file PowerPoint menjadi file PDF, Video, dan tipe file yang lain.

Presentasi dengan menggunakan Powerpoint mengharuskan pengguna untuk mengatur waktu jarak per slide sebelum perpindahan, dan itu cukup merepotkan jika sembari menjelaskan presentasi.

Dengan adanya fitur mengubah presentasi Powerpoint menjadi format video, maka presentasi bisa berjalan lebih menarik dan tidak perlu lagi menekan tombol keyword untuk melakukan perpindahan slide. Selain itu, jika ingin membuat video tutorial, tips, ataupun yang lainnya dengan cara yang lebih mudah maka bisa menggunakan powerpoint dan diubah menjadi format video dan tetap menjaga sisi originalitas karena file presentasi dibuat sendiri.

Syarat untuk bisa melakukan pengubahan powerpoint ke video adalah sudah harus terinstall Microsoft PowerPoint 2010 atau versi yang lebih tinggi, sebagai contoh dibawah ini menggunakan PowerPoint 2013.

Berikut adalah langkah-langkah cara menyimpan file PowerPoint (PPT) menjadi format video.

Langkah 1 Buka file pada Microsoft Power Point yang ingin dibuat menjadi format video

Langkah 2. Berikan Transition pada tiap-tiap slide agar terlihat perbedaan saat video berpindah ke   slide berikutnya. Klik Transition seperti ditunjukkan pada panah nomor 1 kemudian pilih efek Transitions seperti ditunjukkan pada panah nomor 2

Langkah 3. Selain Transition Jangan lupa masukkan juga animations untuk tiap teks di setiap slide. Klik text pada slide --> pilih Animations seperti ditunjukkan pada panah nomor 1 kemudian pilih efek animations seperti ditunjukkan pada panah nomor 2

Untuk melihat atau memilih beberapa efek Animations, klik more pada animations. Ini berlaku juga jika ingin memilih beberapa efek Transitions.

Ketika di klik maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

Langkah 4. Setelah selesai mengedit, klik File pada menu bar Microsoft Power Point

Langkah 5. Akan tampil dropdown list menu pilihan, klik Export ---> Create a Video. Maka akan menemukan pengaturan resolusi file dan waktu berpindah untuk setiap slide seperti ditunjukkan pada panah nomor 3 dan 4. Atur sesuai kebutuhan. Setelah itu klik Create Video.

Langkah 6. Save file pada folder yang diinginkan.

Langkah 7. Tunggu hingga file selesai di export. Waktu yang dibutuhkan untuk export file tergantung pada banyaknya slide yang ada di dalam PowerPoint.

Langkah 8. Selesai dan klik video hasil presentasi untuk diputar.

Dengan adanya fitur ini, maka bisa lebih mengkreasikan video dengan mudah hanya memakai powerpoint. Sekian tutorial cara mengubah file PPT / PowerPoint menjadi video. Semoga bermanfaat

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.