IT Forum

Spreadsheets dapat menangani mulai dari perhitungan sederhana hingga fungsi kompleks yang mentransformasi data. Pada dasarnya, Fungsi spreadsheet pada Google dan Microsoft Excel hampir seluruhnya sama menjalankan keseluruhan fungsionalitas walaupun ada beberapa perbedaan fungsi.

Dalam tutorial ini, kita akan melihat formula Google Sheets yang patut untuk dicoba. Kali ini akan menunjukkan kegunaan dari formula dan fungsi di Sheets dan bagaimana dapat menggunakannya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Berikut ini daftar 5 formula favorit yang digunakan di Google Spreadsheet.

1. =TRIM

Ketika membuka data Spreadsheet dalam jumlah yang banyak, terkadang tidak selalunya rapi. Besar kemungkinan data teks mempunyai kesalahan penulisan. Hal ini dapat menyebabkan kesalah analisis data, utamanya saat mencari kata, hasil copy pdf, atau menggunakan pivot table. Maka untuk merapikannya menggunakan fungsi TRIM. Ini mengotomatiskan pekerjaan membersihkan spasi-spasi. Daripada mengklik di setiap sel untuk merapikan teks, biarkan TRIM yang melakukannya secara otomatis.

Untuk menggunakan TRIM, cukup ketik =TRIM, dan kemudian arahkan ke sel yang ingin dirapikan. Tekan enter, maka fungsi trim akan merapikan data dengan cepat seperti dilihat pada contoh di bawah ini.

Dilanjutkan dengan melakukan autofill hingga sel B7, caranya dengan menariknya ke arah bawah. Bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini:

Saat mulai mengetik suatu fungsi di Google Sheets, maka akan melihat opsi bantuan muncul tepat di dalam web browser.

 

2. =PROPER

Fungsi Proper merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mengubah setiap huruf pertama menggunakan huruf kapital dan sisanya menggunakan huruf kecil atau dengan istilah profesional text.

Untuk menggunakan fungsi PROPER, cukup ketik =PROPER, dan kemudian arahkan ke sel dengan teks yang perlu dirapikan. Cukup tekan enter, dan kapitalisasi akan disesuaikan agar sesuai dengan EYD yang benar.

Bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini bagaimana menggunakan formula proper pada Google Sheets :

  1. =GOOGLEFINANCE

Google sheets menyediakan kemudahan menyediakan function Google Finance. Dengan menggunakan Google Finance, maka Spreadsheet dapat mengambil data tentang saham, obligasi, dan dana langsung dari layanan.

Lihat contoh spreadsheet sederhana yang memiliki dua kolom, yaitu “kode saham” dan “harga”. Kolom pertama diisi dengan kode saham, dan harga diambil langsung dari google finance dengan rumus:

=GOOGLEFINANCE ( “Kode Saham” , “price” )

Masukkan parameter pertama dengan kode saham. Contohnya jika ingin mendapatkan harga saham AAPL ( Apple Inc.. ) maka ketikan rumus:

=GOOGLEFINANCE (“AAPL” , “price”) Atau bisa juga menggunakan rumus

=GOOGLEFINANCE(“sel berisi kode saham”,”price”)

Seperti pada gambar dibawah ini :

Setelah memasukkan rumusnya, tarik kebawah untuk menerapkan ke semua sel. Dan nilai saham dari beberapa perusahaan akan terlihat. Agar lebih jelasnya bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini:

4. =GOOGLETRANSLATE

Layanan Google Translate kini dapat digunakan langsung di dalam Spreadsheet yaitu dengan  fungsi rumus =GOOGLETRANSLATE. Misal pada kasus seringnya mengunduh data dari sistem yang teksnya dalam bahasa asing. Maka perlu menerjemahkannya berulang kali, bahkan setiap kali mengambil data baru dan memasukkannya ke dalam spreadsheet.

Daripada bolak-balik ke situs web Google Translate dan terus-menerus menyalin dan menempelkan data di antara keduanya, cukup gunakan fungsi =GOOGLETRANSLATE ke dalam Spreadsheet.

Cara menuliskan rumus ini adalah dengan mengetik =GOOGLETRANSLATE(A9), misalnya, untuk mengarahkannya ke sel A9 dengan teks yang akan diterjemahkan. Google akan mencoba menebak bahasa dan menyediakan terjemahan dalam bahasa default yaitu bahasa inggris seperti pada gambar dibawah berikut ini :

Selain menggunakan rumus di atas, bisa juga menggunakan rumus pada di bawah ini :

=GOOGLETRANSLATE(“sel yang ingin diterjemahkan”, “source language”,”target language”), sebagai contoh rumus =GOOGLETRANSLATE(B4, “en”, “id”) yang artinya pada sel B4 yang berbahasa inggris (en)  ingin diterjemahkan kedalam bahasa indonesia (id). Perhatikan pada gambar dibawah ini :

Agar lebih jelas mengenai translate di spreadsheet, bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini:

5. =RANDBETWEEN

Untuk menggunakan RANDBETWEEN, cukup buka fungsi dan kemudian tentukan nilai batas bawah dan nilai batas atas.  Misalnya, menunjukkan nilai acak antara 1 dan 100 dapat menggunakan =RANDBETWEEN(1,100). Fungsi RANDBETWEEN digunakan untuk menghasilkan angka acak pada rentang angka tertentu yang dikehendaki.

Lihat pada gambar di bawah ini, sebagai contoh akan menentukan nilai acak antara angka 1 sampai 50 maka rumus yang akan ditulis adalah =RANDBETWEEN(1,50) kemudian klik enter. Maka angka antara 1 dan 50 yang akan muncul. Dan ketika di tarik kebawah untuk autofill maka akan muncul angka acak antara 1 sampai 50.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini:

Menggunakan fungsi Spreadsheet Google seperti di atas bisa juga hanya untuk sekadar bersenang-senang. Cukup buka tab Spreadsheet baru jika ingin melakukan gambaran acak atau mencoba mencari tahu siapa yang paling mendekati angka dalam permainan tebak-tebakan.

Sekali lagi, Spreadsheets benar-benar berguna karena dapat mempelajari fungsi dan formula Google Sheets tepat di dalam aplikasi. Daftar fungsi lengkap di atas menyoroti seberapa kuat fungsi pada Spreadsheet Google. (inix)

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.