IT Forum

Google sheet adalah salah satu komponen dalam aplikasi Google Cloud. Jika sudah memiliki akun gmail maka bisa membuat dan berbagi sebuah Spreadsheet dengan siapapun termasuk yang tidak memiliki akun gmail. Google Sheet secara komprehensif menawarkan sekumpulan fitur dan fungsi standar spreadsheet seperti dalam Spreadsheet application lainnya yaitu Microsoft Excel.

Keuntungan menggunakan Google Sheet adalah Spreadsheet Google dirancang untuk memenuhi kebutuhan organisasi yang dinamis. Arsitektur berbasis cloud ini memungkinkan berkolaborasi dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kompatibilitas dengan berbagai sistem eksternal, termasuk Microsoft Office, meminimalkan masalah yang biasa terjadi saat bekerja dengan beragam sumber data.

Dalam tutorial ini, akan memperlihatkan beberapa shortcut dari Google Sheets yang memudahkan cara kerja dan tentunya lebih efisien.

Karena setiap shortcut Google Spreadsheet digunakan di dalam web browser, penekanan tombol akan bervariasi berdasarkan pada setiap OS yang digunakan.

 

Berikut ini ada 6 tips  shortcut OS Windows dan Mac yang akan memudahkan serta menghemat waktu kerja pada lembar Spreadsheet







 

  • Cara Pindah Antar Sel di Spreadsheet

 

Salah satu kunci tips untuk pindah antar sel di dalam Spreadsheet adalah menggunakan tombol arah panah pada keyboard. Tekan panah atas, kiri, kanan, atau bawah untuk berpindah di antara sel-sel yang aktif. Mungkin tips ini terlihat sederhana dan mudah. Daripada harus menunjuk dan mengklik menggunakan mouse dari satu sel ke sel lainnya. lebih efisien untuk menggunakan Spreadsheet dengan  tangan tetap di posisi keyboard dan berada di tombol panah.

 

  • Berpindah Sel ke Tepi Akhir Baris Atau Kolom.

 

Berikut ini salah satu shortcut Google Spreadsheet yang penting yaitu berpindah menuju tepi baris atau kolom. Saat bekerja dalam jumlah Spreadsheet yang besar, ada baiknya jika sel dapat dengan cepat berpindah menuju ke tepi baris.

Untuk melakukannya, tahan tombol Ctrl di Windows atau Cmd di Mac, dan tekan salah satu tombol panah untuk bergerak ke arah yang dipilih.

Pada contoh dibawah ini, panjang data memiliki 101 baris. Daripada menarik mouse dan men-scroll nya, dengan shortcut cukup tahan tombol Ctrl di Windows dan menekan panah ke bawah untuk melompat langsung ke bagian bawah teks seperti pada gambar dibawah ini:

  1. Cara Memformat Sel di Lembar Spreadsheet Google

Semua jenis format ada yang tidak dapat diterapkan dari keyboard, tetapi dapat menerapkan beberapa format teks yang sering dikenal dan umum, contohnya seperti bold, italic, dan underline. Berikut adalah shortcut-shortcut yang dapat Anda gunakan:

 

Format

Shortcut Windows

Shortcut Mac

Bold

CTRL + B

Cmd + B

Italic

CTRL + I

Cmd + I

Underlined

CTRL + U

Cmd + U


Shortcut-shortcut Google Spreadsheet diatas mungkin tampak familiar dan mudah diingat, karena berfungsi di hampir semua aplikasi yang dapat di edit teksnya.

Menerapkan format adalah tentang menambahkan makna ke sel-sel tersebut. Berikut ini beberapa contoh bagaimana dapat menggunakan format tersebut untuk menambahkan makna ke spreadsheet.

  • Bold untuk menebalkan teks, biasanya digunakan untuk judul dan menjelaskan sesuatu.
  • Italic untuk memiringkan teks, biasanya digunakan untuk kata asing atau digunakan untuk meninggalkan catatan pada lembar spreadsheet.
  • Underlining untuk memberikan garis bawah pada teks, biasanya digunakan untuk header atau subtotal.

 

Pada contoh diatas ini bukanlah satu-satunya shortcut berformat yang dapat di akses dari keyboard. Ada juga Shortcut Alignment yang juga dapat membantu mengubah tampilan Spreadsheet tanpa menggunakan mouse. Lihatlah pada tabel dibawah ini :

Cell Alignment

Shortcut Windows

Shortcut Mac

Centered

Ctrl + Shift + E

Cmd + Shift + E

Left-align

Ctrl + Shift + L

Cmd + Shift + L

Right-align

Ctrl + Shift + R

Cmd + Shift + R

Shortcut Alignment ini cukup mudah diingat. Kiri dan kanan sejajar dengan tombol huruf yang sesuai (L dan R) L untuk Left, R untuk Right, dan E untuk center teks.

  1. Cara Menggunakan Shortcut Data Tanggal & Waktu Google Sheets

Jika ingin memasukkan tanggal, waktu, atau keduanya kedalam lembar kerja Spreadsheet, shortcut-shortcut inilah yang tepat untuk digunakan. Shortcut ini juga berguna untuk meninggalkan jejak di Spreadsheet sebagai pengingat kapan telah membuat pembaruan di lembar kerja.

Data untuk Dimasukkan

Shortcut Windows

Shortcut Mac

Memasukkan jam sekarang

Ctrl + Shift + ;

Cmd + Shift + ;

Menambahkan Tanggal

Ctrl + ;

Cmd + ;

Menambahkan Tanggal dan Jam

Ctrl + Alt +Shift

Cmd + Option + Shift + ;


Perhatikan pada gambar dibawah ini merupakan contoh dari Shortcut Data Tanggal dan waktu

Gunakan shortcut-shortcut keyboard ini untuk meninggalkan catatan kapan dan di mana untuk mengupdate lembar kerja di Spreadsheet.

Setelah menggunakan shortcut-shortcut tersebut beberapa kali, penekanan tombol keyboard akan terasa terbiasa. Bahkan dapat menggunakan shortcut ini sebagai catatan waktu untuk pengingat saat libur dan bekerja.

  1. Untuk Menyorot Range Pada Google Spreadsheet.

Range adalah sekumpulan dari beberapa sel, range juga seringkali disamakan dengan blok. Range sangat penting terutama dalam melakukan perhitungan, rangkaian beberapa data atau semua data yang diblok, itulah yang disebut dengan range. Sebelum menggunakan mouse untuk mengklik atau menyorot sel, perlu diingat bahwa keyboard juga dapat digunakan untuk memilih sel atau menyorot sel. Untuk memilih sel sambil bergerak di dalam Spreadsheet, tahan tombol Shift sambil menggunakan tombol arah panah . Panah ke atas maka akan menyorot atau memblok sel keatas, panah kiri akan menyorot atau memblok sel ke kiri dan seterusnya.

  • Pilih Range Saat Melompat ke Akhir Baris Atau Kolom.

 

Berikut ini salah satu  tips bonus: pada tips nomor 1 ingatkah ketika menggunakan tombol Control atau Command untuk melompat ke tepi baris atau kolom? Katakanlah ingin memilih semua sel dalam range itu saat ingin melakukan perpindahan.

Untuk melakukannya, pastikan untuk menahan Shift pada saat yang bersamaan. Pada dasarnya perintahnya adalah:

  • Windows: Ctrl + Shift + arah panah - untuk memilih semua sel yang berkesinambungan dalam arah tertentu.
  • Mac: Cmd + Shift + arah panah - untuk memilih semua sel yang berkesinambungan dalam arah tertentu

Dengan menahan pergeseran dalam perintah ini, maka akan memilih semua sel dalam range.

Keuntungannya adalah saat melompat ke Spreadsheet akan mendapatkan semua sel yang dipilih dalam range  yang baru saja dilewati. Setelah mendapatkan range sel yang disorot, maka selanjutnya dapat menerapkan transformasi ke semua sel yang sudah disorot, seperti shortcut bold, italic, dan underline.

Secara efektif, ini sama dengan mengklik, menyeret dan menyorot urutan sel. Seperti biasa, shortcut keyboard jauh lebih cepat dan mudah daripada harus tunjuk-dan-klik.

  1. Cara Menampilkan Semua Formula

Berikut Ini adalah salah satu shortcut sederhana, namun sangat berguna ketika ingin mencoba memahami sebuah rumus di dalam Spreadsheet. Jika perlu memahami Spreadsheet atau mungkin lupa rumus formula. Dengan shortcut ini cukup membantu melihat semua formula dalam spreadsheet yang sedang dikerjakan. Cukup menekan Shortcut keyboard untuk melihat semua formula dalam spreadsheet dengan cepat.

Aktifkan fitur ini dengan cara menekan Ctrl + ` pada keyboard.  Karakter yang terlihat seperti titik debu di layar ini sebenarnya disebut grave, dan biasanya terletak di sudut kiri atas keyboard. Shortcut ini dapat digunakan pada OS Windows maupun Mac.

Melihat  semua formula atau rumus dengan shortcut Ctrl + ` untuk membantu memahami struktur spreadsheet.

Salah satu bagian terpenting bekerja dalam Spreadsheet adalah sesekali mengauditnya atau merevisi formula untuk memastikan bahwa semua formula itu konsisten dan benar. Beralih dengan cepat ke tampilan ini sangat membantu untuk mengaudit formula tersebut.

  1. Bonus Tips : Cara Menampilkan Keseluruhan Shortcut Keyboard Google Spreadsheet

5 tips diatas  hanyalah berfokus pada kombinasi shortcut keyboard Google Drive yang berguna dan cukup mudah diingat. Pada kenyataannya, hampir semua yang ada di Sheet dapat diotomatiskan dengan shortcut keyboard.

Jika ingin melihat semua shortcut keyboard pada Google Spreadsheet, maka gunakan Ctrl + / (Windows) atau Cmd + / (Mac) untuk mengaktifkan jendela keyboard shortcut dan dapat menjelajahi semua shortcut yang tersedia.

Aktifkan jendela Shortcut Keyboard untuk panduan lengkap menggunakan shortcut keyboard di  Google Drive.

Ubah jendela ini menjadi referensi dan temukan shortcut keyboard baru. Jika menggunakan beberapa shortcut dalam tutorial ini, maka bisa dipastikan akan menghemat banyak waktu saat bekerja.

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.